Hilangkan Verbalisme, Siswa SD Negeri Gelangan 2 Ikuti Outdoor Study -->
Cari Berita

Hilangkan Verbalisme, Siswa SD Negeri Gelangan 2 Ikuti Outdoor Study

Admin Suara Jelata
Sabtu, 04 Desember 2021


KOTA MAGELANG, Suara Jelata –
Guna menghilangkan kesan verbalisme, para siswa SD Negeri Gelangan 2 Kota Magelang diberikan materi pelajaran tematik dengan metode rekreasi. Kali ini siswa-siswi kelas tinggi yaitu kelas 4, 5, dan 6 diajak mengunjungi Taman Kyai Langgeng untuk pembelajaran outdoor, Sabtu (04/12/2021) mulai pukul 07.00 WIB.


Kepala Sekolah SD Negeri Gelangan 2 Erna Dwiningsi, S.Pd menuturkan pembelajaran di luar ruangan (Outdoor Study) memiliki banyak manfaat bagi siswa. Selain menghilangkan kesan verbalisme, juga mendekatkan materi pembelajaran dengan obyek pembelajaran.


“Maksudnya materi pembelajaran mudah diterima anak karena konkret atau nyata. Sehingga siswa tidak hanya membayangkan objek berdasarkan kata-kata atau verbalisme. Benar-benar melihat, mengamati, atau bahkan memegang secara langsung benda sesuai materi pelajaran,” terangnya.


Melalui metode rekreasi ini, lanjut Erna, anak akan lebih paham tentang materi pelajaran yang diterimanya. Dengan benda-benda yang secara konkret diamatinya, akan memacu anak mengungkapkan pendapat dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi.


“Sehingga anak akan terlatih melakukan pengamatan dan penelitian. Seperti berbagai nama tanaman, satwa, dan obyek-obyek pelajaran lainnya,” imbuhnya.


Selain itu maksud dari pihak Sekolah SD Negeri Gelangan 2 melakukan pembelajaran Outdoor Study dapat mengatasi kejenuhan siswa berkreasi dalam belajar. Pembelajaran yang dilakukan di dalam ruangan dalam waktu lama akan menyebabkan rasa jenuh, dan kurang bervariasi terhadap obyek yang dipelajari.


“Outdoor Study dapat juga meningkatkan kreativitas siswa dalam mempelajari materi serta dapat meningkatkan kebersamaan dan kesetiakawanan antarsiswa," pungkasnya.


Para orang tua siswa menilai positif dengan adanya kegiatan Outdoor Study, dan sangat mendukung. Selain untuk menghilangkan kejenuhan, pelajaran outdoor dapat memberi inspirasi bagi anak dalam mencari dan menemukan hal-hal terkait pelajaran di kelas.


“Dalam Outdoor Study ini, anak menemukan hal nyata atau riil tentang obyek pengamatan. Metode ini bagus dan perlu dikembangkan ke depan sesuai dengan materi pembelajaran," kata Feri salah satu orang tua siswa.


Iwan