Kapolsubsektor ikut Latihan Rebana bBersama PKK di Pulau Siumat -->
Cari Berita

Kapolsubsektor ikut Latihan Rebana bBersama PKK di Pulau Siumat

Admin Suara Jelata
Senin, 06 Desember 2021

SIMEULUE, Suara Jelata---Kedekatan Personil Polri Polres Simeulue, Aceh khususnya POLSUBSEKTOR Pulau Terpencil SIUMAT ini dapat dirasakan oleh masyarakat disana. 

Hal ini tentu saja bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dan dapat menjalin kekerabatan dengan masyarakat.

Guna mewujudkan hal tersebut, Ka Polsubsektor Pulau Siumat Bripka Efriadi Saputra bersama kedua anggotanya itu selalu hadir disegala Aktifitas masyarakat disana, salah satunya adalah melaksanakan sambang Ibu-ibu PKK dan ikut Latihan Musik Gambus Rebana bersama- sama. Selasa, (7/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut Ka Polsubsektor Pulau SIUMAT memberikan motivasi kepada ibu-ibu yang sedang melaksanakan latihan supaya bisa mengikuti latihan dengan baik sehingga dalam pertandingan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Simeulue Timur nanti akan menjadi Pemenang satu.

Dalam kesempatannya, Ka Polsusektor Pulau SIUMAT Bripka Efriadi Saputra mengatakan di dalam kesenian tersebut banyak terdapat alat-alat musik bernuansa Islam, salah satunya, yaitu Rebana. 

Rebana atau yang dikenal juga dengan tamborin ini merupakan alat musik yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang beragama Islam.

Rebana merupakan gendang yang berbentuk bundar dan pipih dan terbuat dari bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut. Salah satu sisi berlapis kulit kambing yang pada bagian inilah yang akan ditepuk. 

"Kesenian di Indonesia ini salah satunya di Pulau SIUMAT kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue, Aceh ini yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh," ungkap Kapolsubsektor.

Kemudian Kapolsubsektor Pulau SIUMAT juga menghimbau kepada ibu-ibu PKK dan warga Pulau SIUMAT agar tetap mematuhi prokes dan untuk melaksanakan Vaksinasi bagi yang belum vaksin, agar terbebas dari Virus Corona.

Kemudian Kades Pulau Siumat yang diwakili oleh Sekdes Sdr, Jaswanto, S.pd
mengungkapkan, salut dan apresiasi terhadap Polri Polsubsektor atas pemberian semangat dan motivasinya kepada ibu-ibu PKK Pulau SIUMAT dengan latihan bersama, 

"Dengan adanya Polri bersama ibu-ibu akan membangkitkan semangat latihan dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti latihan dengan baik dan semoga akan menjadi pemenang," ungkapnya

(Ardiansyah)