Peresmian Transportasi Laut, Microfinance, Bantuan Permodalan dan Bantuan Beasiswa, Bupati Sinjai Apresiasi Kinerja Baznas -->
Cari Berita

Peresmian Transportasi Laut, Microfinance, Bantuan Permodalan dan Bantuan Beasiswa, Bupati Sinjai Apresiasi Kinerja Baznas

Admin Suara Jelata
Kamis, 09 Desember 2021

SINJAI, Suara Jelata--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sinjai melangsungkan Peresmian Transportasi Laut, Microfinance, Bantuan Permodalan dan Bantuan Beasiswa yang berlangsung di Pelabuhan Cappa Ujung, jalan Amanagappa, Kelurahan Lappa, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kamis, (9/12/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadista Asapa, didampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Sinjai Mappahakkang, Kapolres Sinjai AKBP. Iwan Irmawan, Sekretaris Daerah Kab. Sinjai, Kepala Perangkat Daerah dan Kabag, Setdakab Sinjai, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sinjai, Ketua Baznas Kab. Sinjai, Camat Sinjai Utara dan Camat Pulau Sembilan, Kepala Syahbandar Kab. Sinjai, Lurah Lappa, serta dihadiri oleh Kepala UPTD Pasar, HPS2, Srikandi HPS2 dan Koperasi Pedagang Pasar Sinjai.

Ketua Baznas Sinjai, Ahmad Muzakkir berharap bahwa program-program yang dilangsungkan Baznas dapat diterima dengan baik di masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sinjai.

"Alhamdulillah Baznas tahun ini memiliki banyak program, yang bisa menjadi program unggulan diantaranya pembangunan rumah untuk satu Kecamatan dan itu sudah terealisasi, pembangunan satu sarana usaha plus modalnya di setiap Kecamatan, pemberian beasiswa S1 satu Desa di Kabupaten Sinjai dan bantuan lainnya yang kami upayakan terdistribusi untuk masyarakat," harapnya.

Tidak hanya itu, Ia menceritakan bahwa sejumlah program Baznas disalurkan dengan melihat kebutuhan dari masyarakat setiap Kecamatan.

"Di Kabupaten Sinjai tidak diberikan bantuan rumah tetapi diganti dengan pembentukan Microfinance yang dikelola langsung oleh Baznas yang memberikan hibah langsung yang tidak dikembalikan dan modal yang diupayakan digulirkan dan diputar sesuai dengan kemampuan perdagangan yang kami miliki. Dan untuk Kecamatan Pulau Sembilan disana kami tidak memberikan bantuan rumah dan sarana permodalan, tetapi kami ganti dengan transportasi laut, karena itulah yang menjadi usulan masyarakat setempat," terangnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa, memberikan apresiasi terdapat kinerja Baznas Sinjai yang saat ini berbagai program telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita, bahkan Pemerintah Daerah sangat terbantu dengan keberadaan Baznas.

"Setelah Baznas berdiri, awalnya mungkin banyak yang menyepelekan, tidak menghitung dan dianggap enteng, tapi setelah berdiri Baznas ini luar biasa. Terhitung hari ini dua tahun lebih Baznas sebagai suatu lembaga bantuan sosial pada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sinjai, tentu kita bersyukur masyarakat juga memiliki tingkat kesadaran yang sangat tinggi dalam pengumpulan Zakat infaq dan sedekah yang bisa dikumpulkan secara baik, terkoordinir dan bisa dipertanggung jawabkan oleh Baznas," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa merasa keberadaan Baznas memberikan konstribusi terhadap program Pemerintah Daerah melalui berbagai inovasi yang tujuannya mempercepat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sinjai. 

"Kami merasa bahwa kami memiliki teman, kami memiliki mitra dalam pengentasan kemiskinan, dan sekarang tidak hanya itu tetapi juga mitra untuk peningkatan ekonomi di Kabupaten Sinjai," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Bupati ASA mengungkapkan terima kasih kepada Baznas Sinjai yang mampu menganalisa bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap Kecamatan.

"Khususnya di Kota Sinjai Utara tidak membutuhkan bantuan perbaikan rumah diberikan microfinance, untuk di Pulau lebih membutuhkan kapal di berikan kapal, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Baznas yang terus memberikan bantuan kepada masyarakat," ujarnya.

Nihan