Anggota Koramil 12 Sawangan Bantu Warga Bersihkan Material Longsor -->
Cari Berita

Anggota Koramil 12 Sawangan Bantu Warga Bersihkan Material Longsor

Admin Suara Jelata
Jumat, 10 Desember 2021

MAGELANG, Suara Jelata– Anggota Koramil 12/Sawangan bersama masyarakat setempat bahu-membahu membersihkan material longsor yang menutup jalan antardesa. Jalan tersebut menghubungkan Desa Wulunggunung dan Desa Banyuroto. Tepatnya di Dusun Glondong Duwur, Desa Wulunggunung, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (10/12/2021).

Kepala Desa Wulunggunung Munawar, S.E. menjelaskan bahwa longsor terjadi pada Kamis sore (09/12/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Di mana tebing setinggi sekitar 50 meter lebar 20 meter, menutup total jalan penghubung 2 desa tersebut.

"Longsor kali dikarenakan hujan sore hari dengan intensitas sedang. Sehingga menyebabkan rekahan tebing tersebut longsor dan menutup akses jalan penghubung dua desa tersebut," jelasnya.

Dengan kejadian tersebut, masyarakat dibantu anggota Koramil 12/Sawangan bahu-membahu membersihkan material longsor dengan alat seadanya.

"Saat ini untuk pembersihan longsoran tanah sudah selesai, dan untuk jalan sudah bisa dilalui roda dua maupun roda empat. kan tetapi harus hati-hati, karena jalan licin,” ucap Munawar.

Hal senada juga disampaikan Babinsa Wulunggunung Koptu Uttoro, yang mengatakan untuk penanganan tanah longsor ini tetap mengutamakan faktor keselamatan. Karena tebing yang di atas masih ada rekahan, yang sewaktu-waktu bisa longsor.

"Kami bersama-sama warga membersihkan longsoran tanah menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan sekop," tuturnya.

Selaku Babinsa Uttoro juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Di mana setiap kali terjadi hujan dengan intensitas sedang maupun lebat bisa saja terjadi longsor susulan.

"Khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu siaga dalam menghadapi berbagai macam bencana alam," pungkas Babinsa Uttoro. 

(Iwan)