Pasar Kejawang Kebumen Kembali Ditempati Pedagang -->
Cari Berita

Pasar Kejawang Kebumen Kembali Ditempati Pedagang

Admin Suara Jelata
Kamis, 09 Desember 2021

KEBUMEN, Suara Jelata – Pasar Karangjambu atau dikenal Pasar Kejawang, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah kembali ditempati. 

Kegiatan ini ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih. 

Wabup didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto, Kamis (09/12/2021).

Pasar Karangjambu selesai direvitalisasi dengan dana TP APBN Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 4 milyar. Luas pasar ini 796 meter persegi dan memiliki 123 los serta 9 kios.

Dijelaskan Kepala Disperindag Frans Haidar, Pasar Karangjambu akan dijadikan percontohan pasar rakyat modern di Kebumen. 

Di pasar ini, pembeli bisa memastikan bahwa penjual jujur dan bisa dipercaya.

“Bahkan pembeli bisa menimbang kembali barang yang telah mereka beli di timbangan yang berada di pintu masuk pasar,” ujar Frans.

Tak hanya itu, Pasar Karangjambu juga telah menerapkan sistem pembayaran digital Qris. Di mana pembeli bisa membayar melalui berbagai aplikasi.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati, Bupati berharap revitalisasi pasar akan membuat pasar rakyat tampil lebih menarik dan mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern. 

Sehingga mampu meningkatkan omset penghasilan pedagang sekaligus memenuhi kebutuhan pembeli secara lebih baik.

"Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pasar, ketertiban, menjaga dan memelihara aset dan fasilitas pasar. Serta jujur dalam jual beli," pesan Wabup Ristawati

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis kunci kios. Dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten kepada Penggerak PKK Kecamatan Sruweng dan PKK Desa Kejawang. 

Wakil Bupati bersama rombongan juga berkesempatan meninjau los pasar karang jambu dan berbelanja aneka barang yang dijual pedagang. 

(Iwan)